search

Sirakh 47

1

Sesudah dia tampillah Natan untuk bernubuat di masa Daud.

2

Seperti lemak dipungut dari korban penghapus dosa, demikianlah Daud dipungut dari orang-orang Israel.

3

Singa-singa dipermainkan olehnya seolah-olah kambing jantan belaka, dan beruang-beruang seakan-akan hanya anak domba saja.

4

Bukankah di masa mudanya ia membunuh seorang raksasa serta mengambil nista dari bangsanya dengan melemparkan batu dari pengumban dan mencampakkan kebanggaan Goliat?

5

Sebab berserulah ia kepada Tuhan Yang Mahatinggi, yang memberikan kekuatan kepada tangan kanannya, sehingga Daud merebahkan orang yang gagah dalam pertempuran, sedangkan tanduk bangsanya ditinggikannya.

6

Maka dari itu ia dimuliakan karena "laksaan", dan dipuji-puji oleh karena berkat-berkat dari Tuhan, ketika mahkota yang mulia dipersembahkan kepadanya.

7

Sebab ia membasmi segala musuh di kelilingnya, dan meniadakan orang-orang Filistin, lawannya serta mematahkan tanduk mereka hingga hari ini.

8

Dalam segala tindakannya Daud menghormati Tuhan, dan dengan kata yang luhur menghormati Yang Kudus, Yang Mahatinggi. Ia bernyanyi-nyanyi dengan segenap hati, dan mengasihi Penciptanya.

9

Di depan mezbah ditaruhnya kecapi, dan memperindah lagu-lagunya dengan bunyinya.

10

Ia memberikan kemeriahan kepada segala perayaan, dan hari-hari raya diaturnya secara sempurna. Maka orang memuji-muji Nama Tuhan yang kudus, dan mulai pagi-pagi benar suara orang bertalun-talun di tempat kudus-Nya.

11

Tuhan mengampuni segala dosanya serta meninggikan tanduknya untuk selama-lamanya. Iapun memberinya perjanjian kerajaan, dan menganugerahkan kepadanya takhta yang mulia di Israel.

12

Sesudah dia tampillah seorang putera yang bijak, yang berkat Daud hidup dengan berlapang.

13

Salomo meraja di zaman damai, dan ia dianugerahi Allah dengan ketenteraman di sekelilingnya, supaya ia sempat mendirikan rumah bagi Nama Tuhan dan membangun Tempat Kudus untuk selama-lamanya.

14

Alangkah bijaksana engkau di masa mudamu, bagaikan sungai engkau penuh dengan pengertian.

15

Hatimu merangkum bumi semesta, dan kaupenuhinya dengan perumpamaan penuh rahasia.

16

Namamu tersiar hingga ke pulau-pulau di kejauhan, dan karena damai sejahteramu engkau dikasihi.

17

Karena nyanyian-nyanyian, perumpamaan dan amsal serta keterangan-keteranganmu engkau dikagumi di segala negeri.

18

Demi nama Tuhan Allah, yang disebut Allah Israel, kaukumpulkan emas bagaikan timah, dan perak kautimbun laksana timah hitam.

19

Akan tetapi pinggangmu kauserahkan kepada perempuan, dan karena tubuhmu engkau menjadi taklukan.

20

Maka engkau mendatangkan noda atas kemuliaanmu, dan keturunanmu kaucemarkan, sehingga kemurkaan kauturunkan ke atas anak-anakmu, dan karena kepandiranmu mereka disiksa.

21

Sebab kekuasaan raja pecah jadi dua, dan dari Efraim timbullah kerajaan yang fasik.

22

Tetapi tak pernah Tuhan meninggalkan kasih sayang-Nya, dan tidak ada satu firmanpun dibatalkan-Nya. Tak pernah dibasmi-Nya pancaran orang pilihan-Nya, dan keturunan orang yang mencintai Dia tidak dicabut-Nya. Maka itu diberikan-Nya suatu sisa kepada Yakub, dan sebuah akar kepada Daud yang tumbuh dari padanya.

23

Salomo berbaring di sisi nenek moyangnya, dan meninggalkan seseorang dari keturunannya, orang yang paling bodoh dari bangsanya dan yang kekurangan pengertian, yaitu Rehabeam yang dengan rencananya membuat umat memberontak.

24

Dan juga Yerobeam bin Nebat, yang membuat Israel berdosa, dan menunjukkan kepada Efraim suatu jalan berdosa. Dari sebab itu dosa mereka menjadi amat banyak sekali sampai menjauhkan mereka dari negerinya.

25

Mereka mencari-cari segenap kejahatan, hingga mereka didatangi hukuman.