search

2 Makabe 2

1

Di dalam arsip telah ditemukan berita tentang nabi Yeremia, bahwa ia menyuruh kaum buangan mengambil sedikit dari api mezbah, sebagaimana sudah dicatat di atas ini.

2

Setelah kaum buangan diberinya hukum Taurat, nabi itu menasehatkan mereka, supaya mereka jangan melupakan segala ketetapan Tuhan dan supaya janganlah disesatkan pikiran mereka dengan melihat berbagai berhala emas dan perak serta segenap perhiasannya.

3

Dengan perkataan-perkataan lainpun yang serupa itu mereka diajaknya, supaya jangan menjauhkan hukum Taurat dari dalam hati mereka.

4

Di dalam naskah itu terdapat pula berita bahwa atas ilham Allah nabi itu telah menyuruh, supaya Kemah Suci dan tabut perjanjian menyertai dia ketika ia pergi ke gunung yang telah didaki Musa untuk memandang milik Allah.

5

Setibanya di sana Yeremia menemukan sebuah kediaman yang berupa gua. Kemah Suci, tabut perjanjian dan mezbah ukupan dibawanya masuk, lalu tempat masuk direbat olehnya.

6

Kemudian beberapa orang pengiringnya pergi ke sana untuk menandai jalannya, tetapi tidak mereka temukan lagi.

7

Ketika Yeremia dapat tahu tentang hal itu, maka ditegurnyalah mereka, katanya: "Tempat itu harus tetap rahasia sampai Allah mengumpulkan kembali umat serta mengasihaninya lagi.

8

Kelak semuanya akan ditunjukkan oleh Tuhan dan kemuliaan Tuhan serta awan akan nampak lagi, sebagaimana dahulu dinyatakan kepada Musa dan sebagaimana Salomopun telah berdoa juga, supaya tempat itu disucikan secara istimewa."

9

Ditandaskan pula bahwa Salomo yang dikaruniai kebijaksanaan telah mempersembahkan korban waktu Bait Suci ditahbiskan dan diselesaikan.

10

Sebagaimana ketika Musa sembahyang api telah turun dari langit dan menelan persembahan korban itu, demikianpun ketika Salomo sembahyang api turun juga dan makan habis korban bakaran.

11

Kata Musa: "Karena korban penghapus dosa itu tidak dimakan, maka telah dimakan habis oleh api."

12

Demikian Salomo telah mengadakan perayaan delapan hari lamanya.

13

Selain dari itu diceritakan juga dalam naskah-naskah itu dan dalam kitab peringatan Nehemia, bagaimana Nehemia telah menyusun sebuah perpustakaan dengan mengumpulkan berbagai buku tentang para raja dan para nabi, karangan-karangan Daud dan surat-surat para raja mengenai sumbangan-sumbangan bakti.

14

Demikianpun Yudas telah mengumpulkan juga semua kitab yang sudah tercerai-berai karena peperangan yang menimpa diri kami. Semua sekarang ada pada kami.

15

Jika kamu memerlukan kitab-kitab itu, baiklah kamu mengutus seseorang untuk mengambilnya untuk kamu.

16

Oleh karena kami bermaksud merayakan pentahiran Bait Allah, maka kami menulis surat ini kepadamu. Baik juga kiranya kamupun merayakan hari-hari itu juga.

17

Allah sudah menyelamatkan seluruh umat-Nya dan memberikan kepada sekalian orang milik pusaka, martabat kerajaan, keimaman dan Bait Suci,

18

sebagaimana telah dijanjikan oleh hukum Taurat. Kami mengharap bahwa Allah itu lekas akan mengasihani kita serta mengumpulkan kita dari seluruh kolong langit ke tempat yang suci. Sebab Tuhan telah melepaskan kita dari banyak malapetaka yang besar dan sudah mentahirkan Tempat itu.

 

KATA PENDAHULUAN PENYADUR

2:19-32

19

Kisah tentang Yudas Makabe serta saudara-saudaranya, tentang pentahiran Bait Suci yang agung dan pentahbisan pengorbanan,

20

selanjutnya tentang peperangan-peperangan melawan raja Antiokhus Epifanes dan melawan puteranya Eupator,

21

tentang penampakan-penampakan dari sorga guna orang-orang berani yang bertindak dengan gagah perkasa untuk kepentingan umat Yahudi, sehingga mereka, meskipun hanya sedikit jumlahnya, berhasil merebut kembali seluruh wilayah serta mengusir gerombolan orang asing

22

dan berkat Tuhan yang dengan segala kelembutan hati-Nya mengasihani mereka merebut kembali Bait Suci yang termasyhur di seluruh dunia serta memerdekakan Kota Suci dan memulihkan hukum yang nyaris rusak sama sekali.

23

Semuanya itu telah diuraikan oleh Yason dari Kirene dalam buku lima buah. Kami ini hendak berusaha mengikhtisarkan semuanya dalam satu jilid saja.

24

Mengingat banyaknya angka dan adanya kesulitan yang oleh bahan yang melimpah itu ditimbulkan bagi mereka yang ingin mempelajari kisah-kisah sejarah,

25

maka kami telah berusaha mencantumkan baik apa yang menarik perhatian orang yang suka membaca, baik apa yang mudah bagi mereka yang suka menghafalkan, baik apa yang berfaedah bagi semua orang yang mungkin menemukan kitab ini.

26

Bagi kami yang telah menanggung kepayahan untuk membuat ikhtisar ini pekerjaan itu tidaklah ringan. Sebaliknya, hal yang menuntut keringat dan berjaga-jaga.

27

Sama seperti bagi seorang yang menyiapkan suatu jamuan tidaklah mudah juga untuk memuaskan semua orang lain. Namun demikian, dengan suka hati kami telah bersusah payah untuk berbuat jasa kepada banyak orang.

28

Adapun penyelidikan yang saksama tentang tiap-tiap peristiwa kami serahkan kepada pengarang. Kami sendiri hanya berusaha menuruti garis besar sebuah ikhtisar.

29

Sama seperti seorang pembangun rumah baru mesti memikirkan seluruh rencana pembangunan itu, sedangkan orang yang bertugas memasang tatahan dan melukis hanyalah bertanggung jawab atas apa yang bersangkutan dengan perhiasan saja. Pada hemat kami demikianpun halnya dengan kami pula.

30

Adalah tugas penggubah sejarah untuk menyelidiki dan menelaah semua peristiwa dan menyoroti semua secara terperinci.

31

Tetapi bagi seseorang yang hanya membuat suatu saduran diperbolehkan kiranya menuruti ikhtisar karangan itu dan membiarkan lengkapnya sejarah.

32

Baiklah kiranya kami di sini memulai saja ulasannya dengan menambah sedikit kepada apa yang telah dikatakan: sungguh ganjillah kiranya berpanjang kalam mengenai apa yang mendahului sejarah, sedangkan serba ringkas mengenai sejarah itu sendiri.