search

2 Makabe 11

Penyerbuan Lisias yang pertama

1

Tidak lama kemudian Lisias yang menjadi wali dan kerabat raja dan menjabat mangkubumi dan yang sangat sakit hati karena semua kejadian tadi,

2

mengumpulkan delapan puluh ribu orang pasukan jalan dan seluruh pasukan berkuda. Lalu majulah ia melawan orang-orang Yahudi dengan maksud membuat kota mereka menjadi tempat kediaman orang-orang Yunani.

3

Iapun bermaksud juga untuk membebani Bait Suci dengan pajak, sama seperti tempat-tempat pemujaan kaum asing, dan lagi untuk tiap-tiap tahun melelangkan jabatan imam besar.

4

Kekuasaan Allah tidak dipikirkannya sama sekali. Sebaliknya, ia menaruh percaya penuh pada puluhan ribu orang pasukan jalan, ribuan orang pasukan berkuda dan delapan puluh ekor gajahnya.

5

Lisias memasuki negeri Yudea dan mendekati Bet-Zur, sebuah benteng yang kokoh yang jauhnya dari Yerusalem lebih kurang lima stadia. Tempat itu dihimpit olehnya.

6

Ketika anak buah Makabe dapat tahu bahwa Lisias mengepung beberapa benteng, maka mohonlah mereka kepada Tuhan bersama-sama dengan orang banyak dan diiringi aduhan dan air mata. Mereka mohon, supaya Tuhan mengutus malaekat yang baik demi keselamatan Israel.

7

Makabe sendirilah yang pertama-tama mengangkat senjata. Yang lain-lain diajak olehnya untuk mempertaruhkan diri bersama dengan dia guna membantu saudara-saudara mereka. Kemudian berangkatlah mereka serentak dengan semangat.

8

Waktu mereka masih di dekat Yerusalem tampaklah oleh mereka seorang berkuda dengan pakaian serba putih. Orang itu memimpin mereka dan melambaikan senjatanya yang keemasan.

9

Maka serempak mereka memuliakan Allah yang berbelas kasihan. Mereka menjadi tetap hati, sehingga mereka bersedia tidak hanya untuk menembusi manusia saja, tetapi juga binatang-binatang yang paling buas dan tembok-tembok besi.

10

Majulah mereka dengan senjata lengkap didukung oleh sekutu sorgawi, sebab Tuhan berbelas kasihan kepada mereka.

11

Bagaikan singa mereka menceburkan diri kepada musuh dan merebahkan sebelas ribu orang dan seribu enam ratus ekor kuda dan memaksa lari semua.

12

Banyak dari musuh dengan luka-luka dan telanjang melarikan diri. Lisias sendiri menyelamatkan diri dengan lari dengan amat malunya.

 

Perdamaian dengan orang-orang Yahudi

13

Tetapi oleh karena Lisias bukanlah orang yang bodoh, maka dipikir-pikirkannya kekalahan yang dialaminya. Mengertilah ia bahwa orang-orang Ibrani tidak dapat dikalahkan, oleh karena Allah yang kuasa bersekutu dengan mereka.

14

Maka diutusnya seseorang untuk berdamai dengan syarat-syarat yang adil semua. Iapun berjanji pula bahwa sang raja akan dipaksanya menjadi sahabat orang-orang Yahudi.

15

Makabe menyetujui segala sesuatunya yang diusulkan Lisias, oleh karena ia memikirkan kepentingan umum. Sang raja juga menyetujui apa saja yang secara tertulis dianjurkan Makabe kepada Lisias demi kepentingan orang-orang Yahudi.

16

Adapun surat Lisias kepada orang-orang Yahudi berisikan begini: "Lisias kepada rakyat Yahudi, salam!

17

Utusan-utusanmu, yaitu Yohanes dan Absalom, telah menyerahkan surat yang ditandatangani dan meminta jawaban atas apa yang dinyatakan di dalamnya.

18

Barang apa yang perlu diberitahukan kepada sang raja telah kubentangkan dan bagindapun telah menyetujui apa yang dapat diterima.

19

Asal saja kamu tetap memelihara kerelaan hati terhadap pemerintah, niscaya selanjutnya akupun akan berdaya upaya juga untuk ikut serta mengusahakan apa yang baik bagimu.

20

Tentang pemerinciannya telah kuperintahkan kepada utusan-utusanmu dan kepada para pejabatku untuk merundingkannya dengan kamu.

21

Selamat sejahtera! Dalam tahun seratus empat puluh delapan, pada tanggal dua puluh empat bulan Zeus Korintius."

22

Adapun surat sang raja berisi begini: "Raja Antiokhus kepada saudara Lisias, salam!

23

Setelah ayah kami beralih ke kalangan dewa-dewa maka kami ingin bahwa semua warga kerajaan dengan tenteram dapat mengurus perkara-perkara mereka sendiri.

24

Kami telah mendengar bahwa orang-orang Yahudi tidak menyetujui perobahan ke arah tata cara Yunani sebagaimana diusahakan ayah kami dan bahwa mereka sudah mohon supaya hukum mereka sendiri dibenarkan bagi mereka oleh sebab mereka lebih suka akan cara hidup mereka sendiri.

25

Oleh karena kami ingin bahwa bangsa itupun bebas pula dari gangguan, maka kami putuskan bahwa Bait Suci itu dikembalikan kepada mereka dan mereka boleh hidup menurut adat istiadat leluhur mereka.

26

Baiklah engkau mengirimkan seseorang kepada mereka dan berdamai, supaya mereka dengan mengenal pendirian kami menjadi tetap hati dan mengusahakan perkara-perkara mereka sendiri dengan senang hati."

27

Adapun surat sang raja kepada rakyat adalah sebagai berikut: "Raja Antiokhus kepada Majelis orang tua-tua orang-orang Yahudi dan kepada orang-orang Yahudi lainnya, salam!

28

Apabila saudara-saudara sehat walafiat, maka hal itu sesuai dengan keinginan hati kami. Kami sendiri adalah sehat-sehat saja.

29

Menelaus telah menandaskan kepada kami bahwa kamu ingin pulang ke rumah sendiri.

30

Kepada orang-orang yang hingga tanggal tiga puluh bulan Ksantikus kembali diberikan jaminan pengampunan.

31

Orang-orang Yahudi boleh memakai makanannya sendiri serta hukum-hukum mereka seperti dahulu. Dan tiada seorangpun boleh bagaimanapun juga diganggu karena kesalahan yang tidak disengaja.

32

Dengan ini kukirimkan juga Menelaus untuk menenangkan kamu.

33

Selamat sejahtera! Dalam tahun seratus empat puluh delapan, pada tanggal lima belas bulan Ksantikus."

34

Orang-orang Romapun mengirimkan sepucuk surat kepada orang-orang Yahudi. Bunyinya begini: "Utusan-utusan Roma, Quintus Memius dan Titus Manius, kepada rakyat Yahudi, salam!

35

Apa yang telah disetujui oleh Lisias, kerabat raja, untuk kamu, kamipun menyetujuinya juga.

36

Tentang perkara-perkara yang menurut anggapan Lisias harus diteruskan ke hadapan sang raja, kirimkanlah seseorang kepada kami, setelah hal itu diselidiki, supaya kami dapat mengemukakannya demi kepentinganmu. Sebab kami sedang menuju kota Antiokhia.

37

Dari sebab itu maka hendaklah segera mengirimkan beberapa orang, supaya kami mengetahui bagaimana pendapatmu.

38

Mudah-mudahan sehat-sehat saja adanya! Dalam tahun seratus empat puluh delapan, pada tanggal lima belas bulan Ksantikus."