search

Barukh 2

1

Dari sebab itu maka Tuhan memenuhi firman yang telah difirmankan-Nya melawan kami dan melawan para hakim kami yang telah menghakimi Israel, dan melawan segala raja dan pemimpin kami serta melawan semua orang Israel dan Yehuda.

2

Di bawah kolong langit belum pernah terjadi seperti yang terjadi di Yerusalem sesuai dengan apa yang tertulis dalam Taurat Musa:

3

kami masing-masing sampai makan daging anak-anak kami sendiri.

4

Tuhan telah membuat mereka semua menjadi takluk kepada segala kerajaan di sekeliling kami, sehingga menjadi ternista dan lengang di antara sekalian bangsa sekeliling, di mana mereka telah dicerai-beraikan oleh Tuhan.

5

Mereka menjadi bawahan dan bukan atasan, oleh karena kami telah berdosa kepada Tuhan, Allah kami, dengan tidak mendengarkan suara-Nya.

6

Keadilan ada pada Tuhan, Allah kami, sedangkan malu muka pada kami dan pada nenek moyang kami, sebagaimana halnya pada hari ini.

7

Apa yang telah difirmankan Tuhan melawan kami telah mendatangi diri kami, yaitu segala bencana itu.

8

Namun demikian belum juga kami melembutkan wajah Tuhan, oleh karena kami masing-masing tidak berbalik dari pikiran-pikiran hati yang jahat.

9

Maka dari itu Tuhan telah menjaga segala bencana itu, lalu didatangkan-Nya atas diri kami. Sebab Tuhan adalah adil dalam segala sesuatunya yang diperintahkan-Nya kepada kami.

10

Namun demikian belum juga kami mendengarkan suara Tuhan untuk mengikuti segala ketetapan yang telah ditaruh-Nya di hadapan kami.

 

Doa permohonan

11

Oleh sebab itu ya Tuhan, Allah Israel, yang telah membawa umat-Mu keluar dari negeri Mesir dengan tangan kuat, dengan berbagai tanda dan tanda ajaib, dengan kekuatan besar dan lengan teracung dan yang telah membuat bagi diri-Mu suatu nama, sebagaimana halnya pada hari ini.

12

Kami telah berdosa, kami telah berjahat, kami telah berbuat fasik, ya Tuhan, Allah kami, melawan segala peraturan-Mu.

13

Semoga murka-Mu undur dari kami, sebab kami ini hanya tinggal sedikit saja di antara sekalian bangsa di mana kami telah Kauceraiberaikan.

14

Ya Tuhan, dengarkanlah doa serta permohonan kami; lepaskanlah kami demi diri Tuhan sendiri dan berilah, supaya kami mendapat kasih karunia di hadapan mereka yang telah membuang kami.

15

Maka bumi seluruhnya akan mengetahui bahwa Engkaulah Tuhan, Allah kami, karena nama-Mu telah disebut atas Israel serta keturunannya.

16

Tuhan, pandanglah dari Rumah-Mu yang suci dan ingatlah kepada kami ini. Condongkanlah telinga, ya Tuhan, dan dengarlah.

17

Sudilah kiranya, ya Tuhan, membuka mata-Mu dan memandang. Memang bukan orang di dalam dunia orang mati yang nyawanya sudah dicabut dari batinnya itulah yang menyampaikan kemuliaan yang menjadi hak Tuhan,

18

melainkan yang menyampaikan kemuliaan yang menjadi hak Tuhan ialah orang hidup yang amat pilu hati sekali dan yang berjalan sambil membungkuk dengan tidak berdaya dan juga mereka yang kusam matanya dan yang lapar.

19

Memang bukan demi kebajikan nenek moyang kami dan para raja kami maka kami mencurahkan permohonan kami ke hadapan-Mu, ya Tuhan, Allah kami.

20

Sebab murka-Mu dan geram-Mu telah Kaukirim kepada kami, seperti yang telah Kaufirmankan dengan perantaraan hamba-Mu, para nabi.

21

Tuhan telah berfirman begini: "Tundukkanlah tengkukmu dan berhambalah kepada raja Babel, maka kamu boleh tinggal di negeri yang telah Kuanugerahkan kepada nenek moyangmu.

22

Tetapi jika kamu tidak mendengarkan suara Tuhan dan berhamba kepada raja Babel,

23

niscaya Kulenyapkan dari segala kota Yehuda dan dari Yerusalem lagu sukacita dan gembira, lagu mempelai laki-laki dan lagu mempelai perempuan. Seluruh negeri ini akan menjadi suatu kelengangan tanpa penghuni."

24

Namun demikian kami belum juga mendengarkan suara-Mu untuk berhamba kepada raja Babel, maka telah Kaupenuhi firman-Mu yang telah Kaufirmankan dengan perantaraan hamba-Mu, para nabi ini: "Tulang-tulang para raja kami dan tulang-tulang nenek moyang kami akan dilemparkan dari kubur mereka."

25

Dan sesungguhnya, semua sudah tercampak, sehingga kena panas di waktu siang dan kena dingin di waktu malam. Mereka sudah mati dengan derita yang hebat, karena kelaparan, pedang dan wabah sampar.

26

Rumah yang atasnya nama-Mu telah disebut itu telah Kaujadikan sebagaimana sekarang keadaannya, oleh sebab kejahatan kaum Israel dan Yehuda.

27

Namun demikian, ya Tuhan, Allah kami, kami Kauperlakukan sekedar kemurahan-Mu serta rahmat-Mu yang besar,

28

sebagaimana telah Kaufirmankan dengan perantaraan hamba-Mu, Musa, pada hari Kauperintahkan kepadanya untuk menuliskan hukum-Mu di hadapan orang Israel.

29

Firman-Mu: "Jika kamu tidak medengarkan suara-Ku, niscaya bangsa yang besar dan banyak ini akan bersusut menjadi jumlah yang kecil di antara sekalian bangsa di mana mereka hendak Kuceraiberaikan.

30

Sebab Aku tahu bahwa mereka tidak akan mendengarkan Daku, oleh karena mereka itu kaum yang bertegang leher. Tetapi di negeri pembuangan itu mereka akan menjadi insaf.

31

Maka akan diketahuilah mereka bahwa Aku ini Tuhan, Allah mereka. Mereka akan Kuanugerahi hati dan telinga yang dengar-dengaran.

32

Maka dipujinyalah Aku di negeri pembuangan mereka dan diingatnya nama-Ku.

33

Mereka akan berbalik dari ketegangan lehernya dan dari perbuatan-perbuatan jahat mereka, oleh karena ingatlah mereka kepada nasib nenek moyangnya yang berdosa kepada Tuhan.

34

Kemudian mereka akan Kukembalikan ke negeri yang dengan bersumpah telah Kujanjikan kepada nenek moyang mereka, kepada Abraham, Ishak dan Yakub. Maka negeri itu akan dikuasai oleh mereka. Mereka akan Kulipatgandakan dan jumlahnya tidak akan berkurang lagi.

35

Lagipula Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, yaitu bahwasanya Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka menjadi umat-Ku. Umat-Ku Israel tidak akan Kusingkirkan lagi dari negeri yang telah Kuanugerahkan kepada mereka."