search

Barukh 1

Prakata

1

Inilah segala perkataan kitab yang ditulis oleh Barukh bin Neria bin Mahseya bin Zedekia bin Asadia bin Hilkia di negeri Babel

2

pada tanggal tujuh bulan itu dalam tahun kelima semenjak Yerusalem direbut orang-orang Kasdim dan dibakar oleh mereka.

3

Segala perkataan kitab ini dibacakan oleh Barukh sendiri di hadapan Yekhonya putera Yoyakim, raja Yehuda, dan di depan seluruh rakyat yang telah datang untuk pembacaan kitab itu,

4

lagipula di depan para pejabat serta para pangeran, di depan kaum tua-tua dan segenap rakyat, besar kecil, pendeknya di hadapan semua orang yang diam di negeri Babel di dekat sungai Sud.

5

Maka menangislah mereka semua, berpuasa dan berdoa di hadapan Tuhan.

6

Dikumpulkannya uang, sekedar kemampuan masing-masing,

7

lalu dikirimnya ke Yerusalem kepada imam Yoyakim bin Hilkia bin Syalom, kepada para imam serta segenap rakyat, semua yang terdapat di Yerusalem bersama dengan imam Yoyakim.

8

Pada tanggal sepuluh bulan Siwan Barukh menerima perkakas dari Rumah Tuhan yang telah dirampas dari Bait Allah, untuk dikembalikannya ke negeri Yehuda, yaitu perkakas perak yang dahulu dibuat oleh Zedekia putera Yosia, raja Yehuda,

9

sesudah Nebukadnezar, raja Babel, membuang Yekhonya, para pemimpin, pandai besi, para pemuka serta rakyat negeri dari Yerusalem dan membawa mereka ke negeri Babel.

10

Dalam sepucuk surat orang-orang Yahudi menyatakan sebagai berikut: Bersama dengan ini kami mengirim uang kepadamu. Belikanlah itu kepada korban bakaran, korban penghapus dosa serta kemenyan. Selanjutnya hendaklah menyediakan korban sajian dan menaruhnya di atas mezbah Tuhan, Allah kita.

11

Hendaklah mendoakan kesejahteraan Nebukadnezar, raja Babel, serta kesejahteraan puteranya Beltsazar, supaya masa hidup mereka di bumi menjadi seperti masa langit.

12

Semoga Tuhan menganugerahi kami sendiri kekuatan dan menerangi mata kami, supaya kami hidup bahagia di bawah naungan Nebukadnezar, raja Babel dan di bawah naungan puteranya Beltsazar, agar supaya kami lama mengabdi kepada mereka serta mendapat kasih karunia di hadapan mereka.

13

Berdoalah juga kepada Tuhan, Allah kita, untuk kami ini. Sebab kami telah berdosa kepada Tuhan, Allah kita, dan hingga sekarangpun geram Tuhan serta kemurkaan-Nya belum juga undur dari kami.

14

Hendaklah membacakan kitab yang kami kirim ini, untuk diumumkan di dalam Rumah Tuhan pada hari raya dan pada hari-hari perhimpunan.

15a

Katakanlah sebagai berikut:

 

Pengakuan dosa

15b

Keadilan ada pada Tuhan, Allah kita, sedangkan malu muka pada kami, sebagaimana halnya hari ini, yaitu: pada orang-orang Yehuda dan penduduk Yerusalem,

16

pada sekalian raja kami, para pemimpin, para imam dan nabi serta pada nenek moyang kami.

17

Memang kami telah berdosa kepada Tuhan.

18

Kami tidak taat kepada-Nya dan tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah kami, untuk mengikuti segala ketetapan Tuhan yang telah ditaruh-Nya di hadapan kami.

19

Semenjak hari Tuhan membawa nenek moyang kami keluar dari negeri Mesir hingga dengan hari ini kami tidak taat kepada Tuhan, Allah kami. Sebaliknya Tuhan telah kami alpakan karena tidak mendengarkan suara-Nya.

20

Dari sebab itu maka melekatlah kepada kami semua bencana dan laknat yang telah diperintahkan Tuhan kepada Musa, hamba-Nya, waktu nenek moyang kami dibawa-Nya keluar dari negeri Mesir untuk dianugerahkan-Nya kepada kami suatu tanah yang berlimpah susu dan madunya, sebagaimana halnya hari ini.

21

Tetapi kami tidak mendengarkan suara Tuhan, Allah kami, sesuai dengan firman para nabi yang telah Tuhan utus kepada kami.

22

Bahkan kami telah pergi berbakti kepada allah lain, masing-masing menurut angan-angan hati jahatnya, dan kami melakukan apa yang durjana dalam pandangan Tuhan, Allah kami.